PMB UAA
Assallamu'alaikum.Wr.Wb mohon informasi PMB Universitas Alma Ata, Terimakasih. Wassallamu'alaikum Wr.Wb #web_pmb

Syarat & Biaya Pendaftaran

# SYARAT DAN BIAYA PENDAFTARAN

SYARAT PENDAFTARAN PASCASARJANA PROGRAM REGULER dan INTERNASIONAL

  • Download 5 Formulis dibawah ini
  • Mengisi formulir pendaftaran secara online di http://pmb.almaata.ac.id/pendaftaranonline.html
  • Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan di bank
  • Mengirimkan Scan berkas pendaftaran ke pascasarjana@almaata.ac.id:
    • Curriculum Vitae
    • Scan/Pindai Ijazah asli dari jenjang pendidikan Strata 1 dari Program Studi yang terakreditasi, dengan ketentuan sebagai berikut :
      a. Peminatan Administrasi Rumah Sakit: Pendidikan terakhir S1 bidang kesehatan;
      b. Peminatan selain Administrasi Rumah Sakit: Pendidikan terakhir S1 bidang kesehatan atau non kesehatan;
    • Scan/Pindai Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara;
    • Scan/Pndai Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris asli dengan jenis Tes iBT TOEFL, ITP TOEFL atau AAEPT dengan Skor ≥ 450 (program regular) dan ≥ 475 (program internasional). Ketentuan tes kemampuan Bahasa Inggris sebagai berikut:
      a. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, memindai/scan sertifikatnya;
      b. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kedaluwarsa, memindai/scan sertifikat yang dimiliki dan mengisi serta meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai (dijadikan satu dengan file sertifikatnya);
      c. Pendaftar yang belum memiliki sertifikat, mengisi dan meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai.
    • Surat rekomendasi bagi mahasiswa first graduate yang bersifat rahasia dan diberi stempel Universitas dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh diatas)
    • Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh diatas)
    • Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh diatas);
    • Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik negeri/swasta atau Alma Ata Medical Center);
    • Scan/Pindai KTP atau Passport calon mahasiswa
    • Scan/Pindai KTP Orangtua/wali calon mahasiswa
    • Scan/Pindai Akta Kelahiran
    • Scan/Pindai Scan/Pindai Kartu Keluarga
    • Pass Photo terbaru dengan latar belakang berwarna merah
    • Scan/Pindai Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh diatas)

PERSYARATAN PENDAFTARAN PROGRAM FAST TRACK PASCASARJANA

  • Mahasiswa Universitas Alma Ata yang sudah menyelesaikan studi semester V.
  • Memiliki IPK ≥ 3,25 pada semester V
  • Lolos seleksi administrasi yang dilakukan oleh Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat UAA.
  • Mengisi formulir pendaftaran secara online di http://pmb.almaata.ac.id/pendaftaranonline.html
  • Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan di bank
  • Mengirimkan Scan berkas pendaftaran ke pascasarjana@almaata.ac.id:
    • Curriculum Vitae
    • Scan/Pindai Surat Keterangan Aktif Kuliah
    • Scan/Pindai Surat Keterangan Lolos sleksi administrasi Prodi S2 Kesehatan Masyarakat UAA
    • 4. Scan/Pindai Transkrip nilai asli sampai dengan semester V dengan Indeks Prestasi Kumulatif ≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara
    • Scan/Pndai Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris asli dengan jenis Tes iBT TOEFL, ITP TOEFL atau AAEPT dengan Skor ≥ 450 (program regular) dan ≥ 475 (program internasional). Ketentuan tes kemampuan Bahasa Inggris sebagai berikut:
      a. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, memindai/scan sertifikatnya;
      b. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kedaluwarsa, memindai/scan sertifikat yang dimiliki dan mengisi serta meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai (dijadikan satu dengan file sertifikatnya);
      c. Pendaftar yang belum memiliki sertifikat, mengisi dan meminadi/scan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan dapat diunduh disini (terlampir)
    • Surat rekomendasi bagi mahasiswa first graduate yang bersifat rahasia dan diberi stempel Universitas dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
    • Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini)
    • Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
    • Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik negeri/swasta atau Alma Ata Medical Center)
    • Scan/Pindai KTP atau Passport calon mahasiswa
    • Scan/Pindai KTP Orangtua/wali calon mahasiswa
    • Scan/Pindai Akta Kelahiran
    • Scan/Pindai Scan/Pindai Kartu Keluarga
    • Pass Photo terbaru dengan latar belakang berwarna merah
    • Scan/Pindai Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh disini)

 

SYARAT PENDAFTARAN S1 / D3 / Alih Jenjang

  • Mengisi formulir pendaftaran secara online di http://pmb.almaata.ac.id/pendaftaranonline.html
  • Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan di bank
  • Melengkapi biodata calon mahasiswa baru (camaba) secara online di http://pendaftaran.almaata.ac.id/masuk
  • Menyerahkan berkas pendaftaran :
    • FC raport semester 4-5 yang telah dilegalisasi dengan nilai minimal 7 atau 3,0
      untuk kurtilas (bagi jalur PMDK-R)
    • 1 Lembar FC KTP / kartu keluarga
    • Menyerahkan FC SKHUN yang telah dilegalisasi (bagi jalur PMDK-UN)
    • Menyerahkan FC sertifikat prestasi (bagi jalur PBUD)

 

BIAYA PENDAFTARAN

  • Pascasarjana Kesmas / Public Health
    • Biaya pendaftaran Rp.750.000
  • S1 / D3 / Alih Jenjang Jalur Non Uji Tulis
    • Fakultas Kesehatan
      • Pilihan 1 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp. 350.000
      • Pilihan 2 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp. 400.000
    •  Fakultas Non Kesehatan
      • Pilihan 1 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp. 275.000
      • Pilihan 2 program studi, Biaya pendaftaran dan tes kesehatan sebesar Rp. 325.000
  • S1 / D3 / Alih Jenjang Jalur Uji Tulis
    • Biaya pendaftaran Rp.200.000 untuk pilihan 1 program studi dan Rp.250.000 untuk 2 program studi
    • Biaya tes kesehatan Rp.150.000 untuk program studi fakultas kesehatan dan Rp.125.000 untuk program studi selain fakultas kesehatan.